Kita hidup dalam masyarakat selalu mengalami perubahan seiring dengan kemajuan zaman yang semakin modern, walaupun itu sering tidak kita sadari. Perubahan yang selalu dapat kita rasakan dan kita gunakan adalah kemajuan dalam bidang informasi dan komunikasi. Mengapa tidak? sekarang hampir semua instansi menggunakan hasil teknologi, kita mencari informasi dimana kejadian penting itu terjadi ini juga menggunakan teknologi, kita mencari jalan pintas untuk melakukan komunikasi jarak jauh juga melibatkan alat teknologi terbaru dan masih banyak lagi.
Bidang teknologi informasi dan komunikasi selalu mengalami kemajuan yang pesat dibandingkan dengan bidang lain, hal ini disebabkan karena bidang teknologi informasi dan komunikasi selalu digunakan oleh banyak orang sehingga kelemahan dan kekurangan selalu cepat ditemukan. Dengan kejadian seperti itu maka para ilmuan selalu mengadakan penelitian untuk mencari jalan yang mudah dalam melakukan komunikasi sehingga dapat dilihat seperti sekarang ini, hasil teknologi informasi dan komunikasi harganya semakin murah, banyak orang yang menggunakan baik di desa maupun di kota, banyak instansi yang menggunakan dalam menyelesaikan tugas bahkan disekolahpun dituntut untuk mempelajarinya.
Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah informasi dan menyampaikan/menyebarkannya. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Beberapa alat teknologi informasi dan komunikasi antara lain komputer, telepon, HT, pager, dan GPS
kata komputer (computer) berasal dari kata compute. pengertian dari to compute berarti menghitung. memang pada awal penciptanya, komputer dirancang sebagai alat untuk melaksanakan kegiatan hitung menghitung. ternyata alat ini sesuai juga digunakan untuk melaksanakan berbagai jenis kegiatan pengolahan data lainnya, seperti :
1801 : Joseph-Maria Jacquard membangun mesin tenun otomatis yang dikendalikan
menggunakan kartu berlubang (punched cards)
1820 : Charles Xavier Thomas de Colmar (Filippina) menciptakan Arithmometer, kalkulator
pertama yang diproduksi secara massal. Diperdagangkan selama hampir 90 tahun.
1822 : Charles Babage merancang komputer mekanik pertama.
1834 : Babbage membuat rancangan Analytical Engine, yaitu suatu mesin yang bisa diprogram
1835 : Joseph Henry menciptakan relai (komponen) elektomekanik.
1847 : Babbage merancang Difference Engine.
1848 : George Boole (Inggris) mengembangkan Aljabar Boole, yang kemudian digunakan dalam
perancangan dan pengoperasian komputer.
1853 : Georg Scheutz dan Edvard Scheutz menciptakan Tabulating Machine.
1871 : Charles Babbage membuat model (protitipe) Analytical Engines's dan pencetaknya.
1886 : Herman Holerith (U.S.A) mengembangkan model mesin tabulasi.
1889 : Dorr E. Felt. menciptakan kalkulator meja dengan kemampuan mencetak.
1890 : Sensus Amerika. Untuk pengolahan datanya digunakan mesin tabulasi Hollerith
(menggunakan kartu berlubang).
Perusahaan Tabulating Machine Company didirikan oleh Holerith. Perusahaan inilah yang
kemudian menjadi perusahaan IBM (International Business Machine), salah satu
perusahaan komputer terkemuka.
1892 : William S. Burroughs menciptakan jenis kalkulator mekanik. kalkulator ini banyak
diperdagangkan dan banyak digunakan di perkantoran.
1906 : Henri Babbage, putra Charles Babbage menyelesaikan Analytical Engine rancangan
ayahnya.
1906 : Tabung elektronik diciptakan oleh Lee de Forest (U.S.A). Komponen inilah yang
memungkinkan diciptakannya komputer-komputer elektronik.
1919 : William Henry Eccles dan F.W. Jordan menerbitkan rancangan rangkaian flip-flop.
Komponen ini digunakan dalam komputer biner elektronik.
1936 : Alan Turing (Universitas Cambridge, U.K) menulis artikel tentang rancangan suatu mesin,
yang kemudian terkenal dengan nama mesin Turing.
1937 : George Stibitz yang bekerja di Bell Telephone Laboratories (Bell Labs), New York City,
membangun komponen yang mampu melaksanakan penjumlahan biner 1 bit.
1938 : Konrad Zuse (Berlin, Jerman) membangun Komputer "Z1". Alat ini dianggap sebagai
komputer mekanik binr pertama yang bisa diprogram.
1939 : John Vincent Atanasoff dan Clifford Berry (Iowa State College) membuat model awal
(prototipe) rangkaian penjumlah 16 bit dengan menggunakan tabung hampa (vacum tubes).
1939 : Konrad Zuse (Berlin, Jerman) membangun komputer "Z2."
1940 : Samuel Williams dan George Stibitz (Bell Labs), menciptakan kalkulator yang bisa
mengolah bilangan kompleks.
1948 : Komputer Manchester Mark I dibangun di Universitas Manchester. Komputer pertama ]
yang menyimpan data maupun program di memory RAM (Random Acces Memory).
1948 : IBM mengeluarkan komputer IBM 604.
1957 : IBM memasarkan printer dan matrix.
1959 : Awal komputer generasi ke-2.
1963 : Mouse diciptakan oleh Douglas Engelbart. Penggunaannya baru populer setelah tahun
1987.
1964 : Awal komputer generasi ke-3 salah satu yang terkenal dari generasi ini adalah komputer
IBM System/ 360. Terjual lebih dari 14.000 buah.
1967 : Floppy disk diciptakan IBM oleh David Noble dan Alan Shugart.
1969 : Jaringan ARPANET dikembangkan oleh Seymour Papert dan timnya di MIT.
1970 : Sistem operasi UNIX dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie.
1972 : Awal komputer generasi ke-4, yang menggunakan LSI (Large Scale Integration) dan
VLSI( Very Large Scale Integration).
1974 : Prosesor Intel 8080 dari Intel.
1998 : Microsoft mengeluarkan PC
kata komputer (computer) berasal dari kata compute. pengertian dari to compute berarti menghitung. memang pada awal penciptanya, komputer dirancang sebagai alat untuk melaksanakan kegiatan hitung menghitung. ternyata alat ini sesuai juga digunakan untuk melaksanakan berbagai jenis kegiatan pengolahan data lainnya, seperti :
- mengolah naskah (kata),
- mengolah data-data perusahaan,
- mengolah gambar, dan
- mengolah bunyi.
Jadi, komputer pada awalnya adalah alat penghitung. namun, dalam perkembangan pemakaiannya menjadi lebih ingat bahwa hasil dari pengolahan data adalah informasi. oleh karena itu, peralatan pengolahan data ini merupakan peralatan utama untuk mendukung teknologi informasi.
sedemikian pentingnya peranan informasi dalam kehidupan manusia sehingga dapat dipahami kalau sudah sejak lama manusia berusaha menciptakan alat-alat bantu untuk untuk mengolah data. berikut ini diberikan rangkaian peristiwa penting dalam perkembangan teknologi informasi.
peristiwa- peristiwa penting dalam perkembangan teknologi informasi
35000 SM : Lebombo bone: tulang digunakan untuk menyatakan bilanagan (jumlah anggota suatu
himpunan)
himpunan)
18000 SM : Ishango bone: tulang digunakan untuk berhitung.
2400 SM : Abacus (sempoa): alat bantu menghitung yang pertama diciptakan.
300 SM : Pingala, matematikawan india memperkenalkan ide menyatakan dengan bilangan dengan
sistem biner (menggunakan hanya 2 lambang bilangan).
200 SM : Suanpan, sempoa cina .
100 SM : Matematikawan cina memperkenalkan konsep bilangan negatif.
60 M : Heron dari alexandria menciptakan beberapa alat yang bisa bekerja secara otomatis
200 : Jaina, matematikawan india menciptakan logaritma
600 : Brahmagupta, matematikawan india mempeerkenalkan sistem bilangan dengan pecahan
desimal.
724 : Liang Ling-can dari cina menciptakan jam mekanik pertama (jam air).
820 : Matematikawan persia bernama abu ja'far mohammed ibn musa al-khomazmi, menulis
buku al-kitab al jabr w' al-maqubala yang memperkenalkan konsep aljabar. dari nama
al-khwarizmi kemudian lahir kata algoritma
1400 : Matemastikawan dari kerala, india memperkenalkan sistem bilangan floating point
1492 : Leonardo da vinci membuat gambar rancangan kalkulator mekanik
1623 : Wilhem schickard (tubingen, wurttemberg, jerman) membangun kalkulator otomatis yang
pertama. ciptaan inilah yang sering dianggap sebagai permulaan era komputer
1642 : Blaise pascal, matematikawan perancis membangun mesin penjumlah mekanik.
1671 : Gottfried leibniz (jerman)merancang mesin yang bisa melaksanakan perkalian. dia juga
menyempurnakan sistem bilangan biner, yang kini digunakan dalm komputer-komputer
modern. leibniz juga termasuk tokoh yang melahirkan satu cabang matematika yaitu
kalkulus.
1726 : Jonathan swift dalam buku karangannya yang berjudul gulliver's travels, mengisahkan
sebuah mesin yang bisa berbicara.
1774 : Philip matthaeus hahn (jerman) membuat kalkulator portabel yang bisa melaksanakan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 1801 : Joseph-Maria Jacquard membangun mesin tenun otomatis yang dikendalikan
menggunakan kartu berlubang (punched cards)
1820 : Charles Xavier Thomas de Colmar (Filippina) menciptakan Arithmometer, kalkulator
pertama yang diproduksi secara massal. Diperdagangkan selama hampir 90 tahun.
1822 : Charles Babage merancang komputer mekanik pertama.
1834 : Babbage membuat rancangan Analytical Engine, yaitu suatu mesin yang bisa diprogram
1835 : Joseph Henry menciptakan relai (komponen) elektomekanik.
1847 : Babbage merancang Difference Engine.
1848 : George Boole (Inggris) mengembangkan Aljabar Boole, yang kemudian digunakan dalam
perancangan dan pengoperasian komputer.
1853 : Georg Scheutz dan Edvard Scheutz menciptakan Tabulating Machine.
1871 : Charles Babbage membuat model (protitipe) Analytical Engines's dan pencetaknya.
1886 : Herman Holerith (U.S.A) mengembangkan model mesin tabulasi.
1889 : Dorr E. Felt. menciptakan kalkulator meja dengan kemampuan mencetak.
1890 : Sensus Amerika. Untuk pengolahan datanya digunakan mesin tabulasi Hollerith
(menggunakan kartu berlubang).
Perusahaan Tabulating Machine Company didirikan oleh Holerith. Perusahaan inilah yang
kemudian menjadi perusahaan IBM (International Business Machine), salah satu
perusahaan komputer terkemuka.
1892 : William S. Burroughs menciptakan jenis kalkulator mekanik. kalkulator ini banyak
diperdagangkan dan banyak digunakan di perkantoran.
1906 : Henri Babbage, putra Charles Babbage menyelesaikan Analytical Engine rancangan
ayahnya.
1906 : Tabung elektronik diciptakan oleh Lee de Forest (U.S.A). Komponen inilah yang
memungkinkan diciptakannya komputer-komputer elektronik.
1919 : William Henry Eccles dan F.W. Jordan menerbitkan rancangan rangkaian flip-flop.
Komponen ini digunakan dalam komputer biner elektronik.
1936 : Alan Turing (Universitas Cambridge, U.K) menulis artikel tentang rancangan suatu mesin,
yang kemudian terkenal dengan nama mesin Turing.
1937 : George Stibitz yang bekerja di Bell Telephone Laboratories (Bell Labs), New York City,
membangun komponen yang mampu melaksanakan penjumlahan biner 1 bit.
1938 : Konrad Zuse (Berlin, Jerman) membangun Komputer "Z1". Alat ini dianggap sebagai
komputer mekanik binr pertama yang bisa diprogram.
1939 : John Vincent Atanasoff dan Clifford Berry (Iowa State College) membuat model awal
(prototipe) rangkaian penjumlah 16 bit dengan menggunakan tabung hampa (vacum tubes).
1939 : Konrad Zuse (Berlin, Jerman) membangun komputer "Z2."
1940 : Samuel Williams dan George Stibitz (Bell Labs), menciptakan kalkulator yang bisa
mengolah bilangan kompleks.
1948 : Komputer Manchester Mark I dibangun di Universitas Manchester. Komputer pertama ]
yang menyimpan data maupun program di memory RAM (Random Acces Memory).
1948 : IBM mengeluarkan komputer IBM 604.
1957 : IBM memasarkan printer dan matrix.
1959 : Awal komputer generasi ke-2.
1963 : Mouse diciptakan oleh Douglas Engelbart. Penggunaannya baru populer setelah tahun
1987.
1964 : Awal komputer generasi ke-3 salah satu yang terkenal dari generasi ini adalah komputer
IBM System/ 360. Terjual lebih dari 14.000 buah.
1967 : Floppy disk diciptakan IBM oleh David Noble dan Alan Shugart.
1969 : Jaringan ARPANET dikembangkan oleh Seymour Papert dan timnya di MIT.
1970 : Sistem operasi UNIX dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie.
1972 : Awal komputer generasi ke-4, yang menggunakan LSI (Large Scale Integration) dan
VLSI( Very Large Scale Integration).
1974 : Prosesor Intel 8080 dari Intel.
1998 : Microsoft mengeluarkan PC
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Bidang pendidikan(e-education)
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
BIDANG – BIDANG YANG MENGALAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI:
Dalam Bidang Pemerintahan (e-government)
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).
Bidang Keuangan dan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah
sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar
sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa
melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal,
menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan
terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam
penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah
sehari hari.
Pengertian teknologi secara umum
• proses yang meningkatkan nilai tambah
• produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
• Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi.
Menurut B.J. Habiebie (1983: 14) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu
(1) pesawat terbang,
(2) maritim dan perkapalan,
(3) alat transportasi,
(4) elektronika dan komunikasi,
(5) energi,
(6) rekayasa ,
(7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan
(8) pertahanan dan keamanan.
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih
bijak.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum
Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik
sekolah dan lain-lain.
5. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
6. Aplikasi di bidang pendidikan
Contohnya adalah e-learning (distance learning).
7. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).
8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan
diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung
dilayar monitor dan lainnya.
9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.
10. Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.
11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi
0 komentar:
Posting Komentar